Apa Peran Gianluigi Buffon di Timnas Italia? | OneFootball

Apa Peran Gianluigi Buffon di Timnas Italia? | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·8 October 2024

Apa Peran Gianluigi Buffon di Timnas Italia?

Article image:Apa Peran Gianluigi Buffon di Timnas Italia?

Bola.net - Pada 2023 lalu, Gianluigi Buffon mengakhiri karier profesionalnya di klub Parma. Namun, mantan kiper Juventus, PSG, dan Timnas Italia itu tetap berkecimpung di dunia sepak bola.

Buffon saat ini menjabat sebagai Kepala Delegasi untuk Timnas Italia. Setelah pensiun, Buffon mengambil peran ini.


OneFootball Videos


Dalam posisinya, Buffon bertindak sebagai penghubung antara para pemain, staf pelatih, dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Selain itu, dia juga berperan sebagai mentor bagi tim, memanfaatkan pengalamannya sebagai mantan kiper dan kapten tim nasional.

Meski perannya lebih bersifat non-teknis, Buffon memberikan kepemimpinan, bimbingan, dan dukungan bagi skuad Gli Azzurri saat ini.

Peran Buffon Ini Sebelumnya Diemban oleh Gianluca Vialli

Article image:Apa Peran Gianluigi Buffon di Timnas Italia?

Legenda Italia, Gianluca Vialli (c) AP Photo/Luca Bruno

Dalam perannya sebagai Kepala Delegasi Timnas Italia, Buffon berfungsi sebagai titik acuan penting bagi para pemain dan staf. Diaa bertanggung jawab memberikan dukungan bagi pelatih kepala Luciano Spalletti, menjaga nilai-nilai dan identitas tim, serta menjadi mentor bagi para pemain muda.

Selain itu, Buffon juga mewakili tim dalam acara-acara resmi, memastikan hubungan yang kuat dengan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), sponsor, dan media tetap terjaga.

Buffon berperan penting dalam menciptakan kohesi tim di luar lapangan, dengan menekankan komitmen, pengorbanan, dan dukungan—kualitas yang telah lama ditunjukkannya selama kariernya yang gemilang.

Posisi ini sebelumnya dipegang oleh almarhum Gianluca Vialli, sosok legendaris di sepak bola Italia. Buffon sendiri menyatakan bahwa meski tidak lagi bermain di lapangan, dia tetap berkomitmen penuh terhadap tim nasional, sama seperti saat ia masih menjadi pemain.

View publisher imprint