Perbedaan Bahasa Tak Halangi Pola Komunikasi, Roger Bonet: Ada 10 Bahasa yang Digunakan di Ruang Ganti PSIS | OneFootball

Perbedaan Bahasa Tak Halangi Pola Komunikasi, Roger Bonet: Ada 10 Bahasa yang Digunakan di Ruang Ganti PSIS | OneFootball

Icon: Bola.com

Bola.com

·23 October 2024

Perbedaan Bahasa Tak Halangi Pola Komunikasi, Roger Bonet: Ada 10 Bahasa yang Digunakan di Ruang Ganti PSIS

Article image:Perbedaan Bahasa Tak Halangi Pola Komunikasi, Roger Bonet: Ada 10 Bahasa yang Digunakan di Ruang Ganti PSIS

Bola.com, Jakarta - Perbedaan bahasa tak menghalangi para pemain PSIS Semarang untuk saling berkomunikasi. Di ruang ganti Mahesa Jenar, ada beberapa bahasa yang digunakan untuk berinteraksi.

PSIS Semarang sebagai klub sepak bola tak ubahnya sebuah komunitas yang bersifat multikultural karena memiliki personel yang berasal dari berbagai suku dan bangsa. Perbedaan bahasa pun jamak ditemui di ruang-ruang seperti ini.


OneFootball Videos


Bek asing PSIS, Roger Bonet, mengakui bahwa perbedaan bahasa ini tidak menjadi hambatan untuk beradaptasi sejak pertama kali bergabung. Dia kini juga berusaha belajar bahasa Indonesia agar interaksi dengan pemain lokal bisa lebih luwes.

"Sejujurnya, faktor bahasa tidak menjadi masalah buat saya untuk beradaptasi. Saya pikir di banyak negara yang pernah saya kunjungi, saya mencoba mempelajari bahasa yang digunakan di sana," ujar Roger Bonet dikutip dari kanal YouTube milik PSIS.

"Saya coba mengikuti kelas bahasa karena saya pikir itu hal yang amat penting. Apalagi, tidak semua orang di sana juga bisa berbahasa Inggris. Jika Anda pergi ke suatu negara, Anda setidaknya perlu belajar dasar-dasarnya," imbuh bek yang gabung PSIS Semarang akhir Juni lalu ini.

View publisher imprint