Mundari Karya: Dengan atau Tanpa Pemain Naturalisasi, Prestasi Timnas Indonesia Akan Sama Saja | OneFootball

Mundari Karya: Dengan atau Tanpa Pemain Naturalisasi, Prestasi Timnas Indonesia Akan Sama Saja | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·8 octobre 2024

Mundari Karya: Dengan atau Tanpa Pemain Naturalisasi, Prestasi Timnas Indonesia Akan Sama Saja

Image de l'article :Mundari Karya: Dengan atau Tanpa Pemain Naturalisasi, Prestasi Timnas Indonesia Akan Sama Saja

Bola.net - Legenda Timnas Indonesia, Mundari Karya memberikan pendapatnya terkait kepelatihan Shin Tae-yong serta gelombang pemain naturalisasi di Skuad Garuda.

Menurut Mundari, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang beruntung karena bertahan lama menangani Tim Merah-Putih. Ya, STY tercatat sudah lebih dari empat tahun membesut Timnas Indonesia.


Vidéos OneFootball


"Shin Tae-yong ini sebetulnya pelatih yang beruntung karena dia pelatih satu-satunya yang paling lama (melatih Timnas Indonesia), karena kepercayaan yang diberikan kepadanya," ujar Mundari Karya saat berbincang dengan Akmal Marhali dalam channel YouTube Bicara Bola belum lama ini.

"Shin juga mencoba berbagai cara, sebelum ada proyek naturalisasi hampir semua pemain yang kita anggap bagus dipanggil tetapi belum memuaskan dia. Belum sesuai dengan apa yang dia inginkan dengan filosofinya sampai akhirnya diputuskanlah STY meminta naturalisasi," sambungnya.

Dengan atau Tanpa Naturalisasi

Image de l'article :Mundari Karya: Dengan atau Tanpa Pemain Naturalisasi, Prestasi Timnas Indonesia Akan Sama Saja

Mees Hilgers dan Shayne Pattynama pada sesi latihan Timnas Indonesia (c) PSSI

Mundari Karya berpandangan dengan atau tanpa naturalisasi di Timnas Indonesia, secara prestasi hasilnya akan sama saja. Yang membedakan hanya cara bermain antara pemain keturunan dan lokal.

"Dengan naturalisasi atau dengan pemain lokal, kalau kita bicara hasil nanti sama saja. Tapi kalau kita lihat dari penampilan mereka, ya agak berbeda karena pemain naturalisasi berkembang dalam lingkungan sepak bola yang sudah hebat," katanya.

"Mereka sudah bagus, jadi ini yang membuat beda antara pemain kita dengan naturalisasi tapi kalau kita bicara hasil, saya pikir nanti akan sama."

"Naturalisasi adalah bagian dari proses, ini harus dipahami masyarakat Indonesia supaya pemain enggak terbebani. Kalau sekarang kita kayak orang masih bulan madu, enggak ada salahnya tapi tahulah suporter kita seperti apa, saat kalah-kalah terus mulailah timbul kekecewaan," lanjut Mundari.

À propos de Publisher