Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia? | OneFootball

Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia? | OneFootball

Icon: Bola.net

Bola.net

·12 ottobre 2024

Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia?

Immagine dell'articolo:Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia?

Bola.net - Kevin Diks bakal jadi amunisi baru untuk Timnas Indonesia. Lantas, kapan Kevin Diks bisa menjalani debut sebagai pemain Timnas Indonesia?

Pada Sabtu (12/10) siang WIB, Kevin Diks berjumpa dengan Ketua PSSI, Erick Thohir. Lewat keterangan di media sosial miliknya, Erick Thohir menyebut Kevin Diks akan bergabung dengan Skuad Garuda.


OneFootball Video


Kevin Diks sejak lama diminati pelatih Shin Tae-yong untuk membela Indonesia. Namun, pemain asal klub FC Copenhagen itu sempat menunggu kesempatan untuk membela Timnas Belanda.

Kevin Diks sendiri punya darah Indonesia dari ibunya. Sang ibu bernama Natasja Dik Bakarbessy, berasal dari Ambon, Maluku. Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Kapan Kevin Diks Debut?

Immagine dell'articolo:Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia?

Aksi Kevin Diks pada laga Kilmarnock vs FC Copenhagen di play-off UEFA Conference League 2024/2025 (c) Andrew Milligan/PA via AP

Kevin Diks harus mengantongi status WNI lewat proses naturalisasi sebelum bisa membela Timnas Indonesia. Selain itu, proses alih federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI juga harus mendapat persetujuan dari FIFA.

Belakangan, proses naturalisasi pemain Timnas Indonesia berjalan sangat cepat. Pada kasus Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, waktu yang dibutuhkan hanya 24 hari.

Waktu itu terhitung sejak kedua pemain bersalaman dengan Erick Thohir dan pengambilan sumpah dan janji setia sebagai WNI.

Nah, jika kasus yang sama terjadi pada Kevin Diks, maka debutnya untuk Timnas Indonesia segera terjadi. Kevin Diks bisa debut pada 15 November 2024 nanti, saat Indonesia menjamu Jepang di Gelora Bung Karno.

2 dari 3 halaman

Faktor yang Mungkin jadi Kendala

Immagine dell'articolo:Kapan Kevin Diks Debut di Timnas Indonesia?

Starting XI Timnas Indonesia pada laga lawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (c) PSSI

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berjalan sangat cepat. Sebuah terobosan penting dibuat yakni dengan pengambilan sumpah dilakukan di KBRI Brussels, bukan di Jakarta.

Kasus yang sama bisa terjadi pada Kevin Diks. Sebab, dia kini bermain untuk klub Belgia yakni FC Copenhagen dan tinggal di Belgia.

Namun, ada situasi yang perlu diperhatikan fans Timnas Indonesia. Pada Oktober ini, akan terjadi peralihan pemerintahan dari Joko Widodo ke Prabowo Subianto. Jajaran menteri dan anggota DPR juga bakal berganti.

Faktor ini mungkin bisa mempengaruhi administrasi proses naturalisasi Kevin Diks.

Visualizza l' imprint del creator