Di Balik Kemenangan China 2-1 atas Timnas Indonesia, Ada Kemewahan yang Susah Terulang Lagi; Mencarter Pesawat | OneFootball

Di Balik Kemenangan China 2-1 atas Timnas Indonesia, Ada Kemewahan yang Susah Terulang Lagi; Mencarter Pesawat | OneFootball

Icon: Bola.com

Bola.com

·22 October 2024

Di Balik Kemenangan China 2-1 atas Timnas Indonesia, Ada Kemewahan yang Susah Terulang Lagi; Mencarter Pesawat

Article image:Di Balik Kemenangan China 2-1 atas Timnas Indonesia, Ada Kemewahan yang Susah Terulang Lagi; Mencarter Pesawat

Bola.com, Jakarta - Timnas China berhasil mengalahkan Timnas Indonesia 2-1 pada laga matchday keempat Grup C, Selasa (15/10/2024). Itu adalah satu-satunya kemenangan Tim Naga sejauh ini di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ada satu hal yang, meski tak diakui secara terang-terangan, punya pengaruh terhadap performa Timnas China. Itu adalah kebijakan untuk mencarter pesawat.


OneFootball Videos


Skuad asuhan pelatih Branko Ivankovic ini menjalani laga tandang dan kandang di FIFA Matchday medio Oktober lalu.

Zhang Yuning dkk. bertandang ke Adelaide untuk melawan tuan rumah Australia (10/10/2024). Skuad terbang ke Adelaide dari Shanghai menggunakan pesawat sipil. Perjalanan ke tempat tujuan ditempuh hingga 20 jam lamanya.

Pemain menyuarakan ketidakpuasan atas kebijakan Asosiasi Sepak Bola China (CFA). Mereka mengeluh kelelahan lantaran merasa tak nyaman sepanjang perjalanan menggunakan penerbangan komersial. Pemain bahkan tak segan menyuarakan keluhan itu ke media sosial.

Hasilnya, Timnas China takluk 1-3 dari Australia, dan CFA mendapat tekanan luar biasa dari berbagai pihak karena membiarkan timnas menggunakan penerbangan komersial untuk tugas negara.

View publisher imprint